Sharing Pengalaman Pertama Merakit Gundam (Gunpla)

Sharing Pengalaman Pertama Merakit Gundam (Gunpla)

Merakit Gunpla atau Gundam Plastic sangat menyenangkan. Saya pribadi tidak berani untuk merakit gundam karena mendapat info jika merakit gundam itu sulit dan butuh biaya mahal. Tapi ternyata ada juga gundam yang sangat mudah untuk dirakit dan juga tidak mahal. Disini saya akan sharing pengalaman pertama merakit gundam.

Untuk pertama kalinya saya merakit gunpla model Entry Grade RX-78-2. Gundam ini saya beli di tokped dengan harga yang menurut saya murah yaitu Rp 115.000. Saya memilih Gundam ini berdasarkan dari banyak riview yang mengatakan jika gundam ini direkomendasikan untuk pemula yang belum pernah merakit gundam sama sekali. 

Gundam ini di rekomendasikan untuk pemula karena memiliki kelebihan yaitu tidak memerlukan alat bantu untuk merakit, tidak perlu di cat dan tidak perlu menempelkan stiker. 

Isi dari box gundam

Box gundam berukuran kurang lebih sebesar buku tulis. Didalamnya terdapat kertas berisi panduan merakit dan juga part yang masih menempel. Panduannya ditulis dalam bahasa jepang namun kita masih bisa paham dengan melihat kode angka dan juga gambarnya.

Kertas panduan

Part ini harus dilepas dari kemudian nanti digabungkan hingga membentuk gundam. Kita bisa melihat kertas panduan untuk menggabungkan part tersebut. Part ini terbuat dari bahan seperti plastik (atau memang plastik).

part yang masih menempel

Proses merakit dan alat yang dibutuhkan untuk merakit

Disini saya tidak menggunakan alat apapun karena part sangat mudah dilepas dengan tangan.

Buka buku panduan kemudian lepaskan part sesuai dengan buku panduan.

Kemudian gabungkan part yang sudah dilepas sesuai dengan buku panduan.

Kesimpulan

Merakit gundam model ini sangat menyenangkan dan agak membingungkan untuk pemula. Saya sarankan untuk tidak melepas semua part, lebih baik lepas part mengikuti buku panduan. Rakit ditempat yang terang dan hati-hati karena ada part yang ukurannya sangat kecil.

Saya butuh waktu sekitar 1-2 jam untuk merakit ini, jadi lama karena awalnya tidak melihat kertas panduan.

Gundam yang sudah jadi bisa digerakan karena ada part yang seperti sendi. Senjata dan perisai juga bisa dilepas. Ukuran tinggi gundam sekitar 10 cm

Leave a Comment

Your email address will not be published.

error: