Apa Itu Kata, Makna Kata, Jenis Makna Kata dan Relasi Makna Beserta Contohnya

Apa Itu Kata, Makna Kata, Jenis Makna Kata dan Relasi Makna Beserta Contohnya

pexels-photo-695571

materi pembelajaran Bahasa Indonesia untuk SMP

Pengertian dan Jenis Kata

Pengertian Kata secara singkat dan sederhana

Pengertian Kata adalah sekumpulan huruf yang mempunyal

Pengertian Kata menurut KBBI

Pengertian kata menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah bahasa yang diucapkan atau dituliskan yang merupakan perwujudan kesatuan perasaan dan pikiran yang dapat digunakan dalam berbahasa.

Kata juga dapat diartikan sebagai sederetan huruf yang diapit dua spasi dan mempunyai arti. Kata juga merupakan satuan terkecil yang dapat dinyatakan dalam bentuk bebas.

Pengertian Makna (semantik ) Kata menurut para ahli

Mansoer Pateda (2001:79) mengatakan bahwa istilah makna merupakan kata-kata dan istilah yang membingungkan. Makna tersebut selalu menyatu pada tuturan maupun kalimat.

3 Jenis makna Kata dan contohnya

Berikut ini adalah Tiga jenis makna kata

  1. Makna Leksikal adalah makna kata secara lepas, tanpa kaitan dengan kata lainnya dalam sebuah struktur. Contoh makna kata leksilal: rumah, makan
  2. Makna Gramatikal adalah makna batu yang timbul akibat terjadinya proses gramatikal (pengimbuhan, pengulangan, pemajemukan). Contoh makna gramatikal : Berumah, makanan
  3. Makna ldiomatik : makna kata yang tidak mengandung makna leksikal dan gramatikal tapi mengandung makna denotasi dan konotasi. Contoh makna idiomatik : membanting tulang dengan makna ‘bekerja keras’, meja hijau dengan makna ‘pengadilan’.

Relasi Makna

Pengertian relasi makna : Relasi Makna adalah hubungan semantik yang terdapat antara satuan bahasa yang satu dengan satuan bahasa yang lain.

Macam-macam relasi makna dan pengertian secara singkat.

8 jenis relasi makna

Leave a Comment

Your email address will not be published.

error: